Kamis, 10 Desember 2009

Facebook Jadi ‘Tempat Pemakaman Umum’


Data pengguna tampaknya menjadi harta berharga yang tidak ingin dilepaskan oleh Facebook. Beberapa waktu lalu, situs jejaring sosial ini mendapat gugatan karena tetap menyimpan data pengguna meskipun pengguna tersebut telah meninggalkan jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg itu.

Tidak hanya sekadar meninggalkan Facebook, kini, pengguna yang sudah meninggal dunia di alam nyata-pun tetap ingin diabadikan oleh Facebook.

Situs jejaring sosial berusa lima tahun ini akan tetap menyimpan profile mereka yang sudah tiada. Tentunya kali ini jika ada permintaan dari teman-teman atau keluarga almarhum pengguna.

Meski bukan hal yang baru, tetapi Facebook kembali mengingatkan pengguna akan adanya fitur tersebut pada Blog resminya.

Adapun akun Facebook pengguna yang sudah tidak lagi ada di dunia maya dan dunia nyata berbeda dengan profil Facebook pada umumnya. Sebagai contoh, kita tidak bisa lagi melihat informasi kontak dan pengguna tersebut juga sudah tidak diperkenankan untuk login.

Profil almarhum juga tidak akan muncul di bagian ‘suggestions’ di Facebook yang biasa digunakan agar rekan-rekan yang mengenal bisa menambahkannya sebagai teman di Facebook. Selain itu, hanya yang sudah menjadi teman-teman almarhum saja yang bisa melakukan pencarian atas profilnya.

Untuk melaporkan informasi rekan yang sudah meninggal di Facebook, pengguna bisa melakukannya lewat sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar